Sumber: rubenmote1.files.wordpress.com

Deiyai, Jubi – Bupati Deiyai, Dance Takimai, mencanangan Gerakan Membangun Bersama Inisiatif Rakyat (Deiyai Gembira) guna menjawab harapan rakyat Kabupaten Deiyai, dalam hal peningkatan ekonomi, kesehatan, pendidikan dan infrastruktur.

Pencanangan tersebut dilakukan tepat di perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-3 Kabupaten Deiyai, Sabtu (20/82016) lalu.

Menurut Takimia, pemerintah pusat, Pemerintah Provinsi Papua, TNI/Polri, tokoh adat dan tokoh agama serta lembaga non pemerintah agar dapat bersama-sama mendorong upaya yang besar ini, agar dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat Kabupaten Deiyai menuju Deiyai Gembira di tahun 2022 dengan motto ‘Dou, Gai dan Ekowai’.

Deiyai Gembira ini adalah suatu gerakan membangun seluruh potensi lokal yang ada di Kabupaten Deiyai, misalnya pengembangan kopi di pekarangan rumah masyarakat.

Ketua Panitia HUT Kabupaten Deiyai ke-3, Frans Adii, mengatakan pada perayaan HUT itu pihaknya juga membagikan ratusan pohon kopi kepada para petani di lima distrik yanga ada di Pemkab Deiyai, yakni Tigi, Tigi Timur, Tigi Barat, Kapiraya dan Bouwobado.

“Kopi ini diberikan oleh Yapkema (Yayasan Pengembangan Kesejahteraan Masyarakat) Papua yang dikomandoi oleh saudara Hanoc Herison Pigai. Selanjutnya kami langsung salurkan kepada petani kopi. Kami harap, petani bisa manfaatkan dengan baik, sebab Yapkema sudah menjadi mitra kami dalam rangka pengadaan pembibitan kopi ini,” kata Adii.

Dia juga mengatakan hal itu dilakukan sejalan dengan program dari Gubernur Papua, Lukas Enembe di mana Deiyai masuk dalam program Gerbang Mas.

Sementara itu, Direktur Yapkema, Hanoc Herison Pigai, mengaku bangga telah menjadi satu distributor pembibitan kopi di wilayah adat Meepago dan telah terjalin dengan baik di beberapa kabupaten.

“Ini satu terobosan yang hebat bagi Pemerintah Kabupaten Deiyai. Kami salut. Untuk ke depan pembibitan kopi kami siap berikan,” katanya. (*)

Sumber: Tabloidjubi.com

Share

No Comment

Comments are closed.