YAPKEMA Gelar Lauching di Tingkat Kampung Dogiyai.Paniai – Guna meminimalisir penularan HIV dan AIDS melalui hubungan seksual, Lembaga Swadaya Masyaraka (LSM) Yayasan Pembangunan Kesejahteraan Masyarakat (YAPKEMA) Paniai menggelar pelatihan cara menggunakan kondom.

“Pelatihan penggunaan kondom ini sangat penting untuk menghindari bahaya virus HIV bagi warga di Paniai,” ujar Direktur Yapkema, Hanok Pigai seperti dilansir majalahselangkah.com, Selasa, 25/2.

Menurut hasil survei yang dilakukan YAPKEMA Paniai, dari 407 responden atau sekitar 38 persen warga melakukan hubungan seks berganti ganti pasangan.

Selain itu, dari survei tersebut juga menunjukan jika warga yang melakukan hubungan seks menggunakan kondom sebanyak 14 persen. Sementara warga yang tidak mengunakan kondom mencapai 74 persen.

“Kita merasa bahwa penting untuk kita mendalami kembali bagaimana menggunakan kondom. Lalu bagaimana strateginya kita mempengaruhi atau memberi edukasi kepada rakyat? Sehingga mereka yang suka ganti ganti pasangan itu tetap menggunakan kondom,” tuturnya.

Karena kalau kita bicara masalah penanggulangan HIV, lanjut Pigai, satu-satunya yang bisa mencegah adalah hanya dengan menggunakan kondom.

Kemudian Pigai menambahkan, pelatihan ini diikuti enam koordinator lapangan yang tersebar di lima Distrik.

“Kelima distrik itu adalah Paniai Timur, Paniai Barat, Yatamo, Bibida dan distrik Kebo,” paparnya.

Pigai berharap, para Koordinator Lapangan bisa memberikan pendidikan menggunakan kondom dengan cara yang baik guna menghindari bahaya penyebaran virus HIV/AIDS tersebut. (as)

Sumber: indonesiatimur.co.

No Comment

Comments are closed.