Sekolah TK/PAUD Yegeka di Ugibutu, Enarotali – Yapkema dok

Pada Jum’at, 16/6/2017 TK/PAUD Yegeka di Ugibutu, Enarotali Paniai akan diresmikan sekaligus mewisuda siswa/siswi angkatan kedua.

Kami merasa bangga TK/PAUD yang dimulai dengan susah payah, sarana dan prasarana seadanya sejak tahun 2013 kini bisa berdiri lebih layak dan mendapat dukungan lebih banyak dari berbagai pihak.

Bagian utara kota Enarotali

Sekolah di Ugibutu

Di kawasan ini, dari Ugibutu sampai Awabutu yang terletak persis di bagian utara Kota Enarotali, dihuni lebih dari 3500 KK. Banyak anak –  anak, mungkin lebih dari 500 anak, di kawasan ini tidak mendapat pendidikan secara baik. 

Sekolah tingkat dasar tidak ada, juga banyak anak-anak yang terjerumus dalam kenakalan, menghisap aibon, miras, tawuran, mencuri dll. Kemerosotan moral itu semakin disuburkan oleh orang-orang yang mabuk-mabukan. Kawasan ini juga sering digunakan untuk lokasi penyelesaian masalah perkelahian yang terjadi di Enarotali, yang entah bagaimana jadi dibawa ke sini.

Orang-orang yang mencuri, berkelahi, bawa-bawa masalah dan mabuk itu sebetulnya bukan orang dari sini, tapi membawa masalah-masalah dan datang kesini. Sehingga setiap harinya anak anak dipertontonkan dengan peristiwa-peristiwa buruk itu.

Pelan-pelan dampak besarnya bisa kita saksikan sekarang.

Anak – anak disini kini tidak ada yang sekolah sampai berhasil, kalaupun ada tapi sedikit, itupun mereka yang memiliki sikap kuat.

Banyak anak-anak di sini juga sudah meninggal. Sebagian besar mereka adalah teman-teman saya. Kami dulu besar sama-sama, tetapi sekarang mereka sudah tidak ada.

Itu salah satu alasan saya tergerak agar harus berbuat sesuatu disini.

TK/PAUD Yegeka 2015 – Yapkema dok

Membangun sekolah

Sejak tahun 2011, saya punya kerinduan untuk membangun sesuatu di kawasan ini, terutama membangun sekolah. Tapi hambatannya tidak ada tenaga guru.

Saya bersukur bisa bertemu dengan Pak Nur. Dan kebetulan kami memiliki visi yang sama. Saya percaya Tuhan campur tangan  mempertemukan kami untuk berbuat sesuatu disini. 

Tahun 2013 kami mulai membangun disini, di samping rumah. Lokasi yang kecil kita akali menjadi sekolah dengan luas 3,5x 7 M. 

Kami membangun gubuk sekolah pada awalnya itu hanya dari sumbangan Yapkema dan Pak Nur.  Bersyukur pemerintah melihat upaya pembangunan sekolah ini.

Dan saat ini, dengan bangunan baru, untuk ukuran Paniai sekolah TK/PAUD cukup megah juga.

Wisuda perdana PAUD/TK Yegeka 2015 – Yapkema dok

Visi sekolah

Sejak awal visi kami membangun sekolah ini adalah sebagai tempat untuk membentuk karakter, akhlak dan moral. 

Dalam materi pengajaran setiap harinya kami kedepankan jiwa keTuhanan sebagai fondasi sikap. Sambil memperkenalkan pengetahuan alam dan pengetahuan lain, termasuk nilai-nilai adat asal usul mereka sendiri. Utamanya sebagai anak Mee dan anak Moni.

Memang kami menitikberatkan pada pembentukan karakter, akhlak dan moral. Karena bagi kami, dengan modal ketiga hal itu, pintar akan lebih mudah dicapai. Karena percuma saja seseorang itu pintar tapi karakter dan moralnya hancur, yang pasti dia akan terjerumus dalam pengaruh buruk yang ada di depan mata.  Atau kepintaran juga bisa saja digunakan untuk kejahatan dan penipuan.

Kami ingin karakter, akhlak dan moral serta kepintaran digunakan untuk kemajuan bangsa ini dan kebaikan keluarga. Karena anak-anak adalah aset keluarga dan bangsa.

Dari gubuk 3,5 X 7 M itu kini kami memiliki satu gedung sekolah yang cukup buat anak-anak, perpustakaan, pembinaan buta aksara untuk Mama-mama dan sedikit beasiswa untuk anak-anak berprestasi tapi orang tuanya tidak mampu.

Kelompok baca tulis Mama-mama wali murid – Yapkema dok

Kendala

Niat mengembangkan sekolah seperti ini tentu tidak lepas dari kendala-kendala.

Kendala utama adalah dukungan dan semangat orang tua. Masih ada orang tua yang tidak terlalu semangat untuk mendukung pendidikan anaknya. Itu juga sebabnya kami membuat program baca tulis untuk orang tua, karena anak-anak sebagian besar waktunya ada bersama orang tua ketimbang bersama kami.

Pemerintah kampung dan daerah melalui DInas P dan P pendidikan non formal juga belum terlalu mendukung.

Selain itu kawasan Ugibutu ini juga sering digenangi air kalau Danau Paniai meluap. Belum ada penanganan khusus juga dari pemerintah.

Namun demikian, diluar dari semua kendala ini kami berbangga bisa ikut ambil bagian dalam membangun bangsa melalui pembangunan TK/PAUD Yegeka ini.

Kami berharap sekolah ini bisa menjadi percontohan bagi upaya-upaya serupa lainnya. Dan semoga ini menjadi landasan bagi cita-cita kami untuk bisa membangun sekolah dari TK/PAUD hingga setingkat SMA.

Enarotali, 15 Juni 2017

Hanok Herison Pigai

Share

No Comment

Comments are closed.