Wisuda Angkatan 1 murid TK/PAUD Anugrah Ekemanida, Moanemani Dogiyai – Dok. Yapkema

Dogiyai, Jubi – Taman kanak-kanak (TK) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Anugrah Ekemanida Dogiyai sukses mewisudai 26 anak yang pertama kali, di Ekemanida, Dogiyai, Senin (26/6/2017) lalu.
 
Pendiri sekolah sekaligus Direktur Yayasan Pemberdayaan Kesejahteraan Masyarakat (Yapkema), Hanok Herison Pigai, mengatakan peristiwa wisuda akan menjadi sejarah penting bagi 26 anak yang telah diwisudai.
 
“Masa depan milik mereka. Mereka akan bercerita berpuluhan tahun ke depan. Mereka akan menjadi pewaris masa depan, menggantikan kita menjadi bupati, kadis, kesek, DPR, gubernur, dokter dll. Tugas bapak-ibu dan saya hanya mendukung/mendorong,” katanya.
 

Hanok Herison Pigai (kiri), Direktur Yapkema saat mewisuda salah seorang murid TK/PAUD bersama Kepala Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan, Anak dan Keluarga Berencana Dogiyai, Yohana Yobee (tengah) dan Pak Guru Jack (kanan) – Dok. Yapkema

Menurut Pigai, TK/PAUD Anugrah Ekemanida dibuka atas permintaan dari warga melalui kepala suku pada September 2016 lalu. Pigai pun menjadi salah satu orang yang prihatin dan mengusulkan untuk membuka sekolah dini di kampung tersebut.
 
Saat itu, kata Pigai, kampung Ekemanida menjadi kampung yang tidak layak bagi anak karena banyak orang mabuk dan togel.
 
“Semua peristiwa ini dipertontonkan pada anak-anak. Ini situasi yang sangat buruk. Otak mereka kita bunuh,” katanya prihatin.
 
Ia senang, akhir dari pertemuan itu Germanus Goo mewakili warga Ekemanida dan Idakotu menyambut baik dan sangat antusias atas kehadiran sekolah bagi anak usia dini.
 
Sudah sembilan bulan berlalu. Dalam aktivitas belajar mengajar di TK/PAUD Anugrah, jelas Pigai, sekolah itu lebih mengedepankan pembinaan karakter akhlak dan moral.
 
“Kita memfokuskan itu, karena pandangan kami adalah dengan karakter yang bagus kepandaian akan menjadi mudah didapat. Namun kalau tidak mental mereka mudah digoyah dengan hal-hal negatif yang dipertontonkan setiap hari,” katanya.
 
Pigai berencana akan membangun SD dan SMP di kampung tersebut. Ia meminta ada perhatian Pemkab Dogiyai atas rencananya tersebut serta sekolah yang telah dirintisnya sejak 2016 itu.

Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan, Anak dan Keluarga Berencana Dogiyai, Yohana Yobee memberikan apresiasi kepada Yapkema, yang telah merintis PAUD Anugrah di Ekemanida.
 
Yohana Yobee juga meminta para orangtua agar tanpa lelah dan bosan selalu mengantar anak ke sekolah, dan memberi perhatian lebih sehingga anak tidak terjerumus dalam dunia negatif. “Sudah banyak anak usia sekolah yang saat ini sudah ada di terminal dan dunia gelap,” katanya. (Philemon Keiya)

Sumber: tabloidjubi.com

Share

No Comment

Comments are closed.