TK/PAUD Yegeka di Enarotali, Paniai

Pada tanggal 16 Juni 2017 TK/PAUD Yegeka di Ugibutu, Bobaigo, Distrik Paniai Timur, Enarotali Paniai melaksanakan Wisuda Angkatan kedua sekaligus peresmian sekolah yang sudah dibuka sejak tahun 2015 itu.

Sebelumnya, pada 11 Mei 2017 TK /PAUD telah berhasil membentuk Komite Sekolah. Deki Takimai terpilih menjadi ketua Komite PAUD, dari empat calon yang diajukan oleh orang tua murid. Selama lebih kurang tiga tahun TK/PAUD YEGEKA berjalan tanpa komite sekolah. Walaupun sekolah sudah berjalan sesuai perkembangannya, namun saat ini dipandang waktu yang tepat untuk memiliki komite sekolah.

Wisuda sekaligus peresmian TK/PAUD Yegeke itu dihadiri oleh Kepala Dinas P&P Paniai, Joko Suprayitno yang mengapresiasi upaya YAPKEMA mendirikan sekolah di kawasan Bobaigo tersebut.

“Pembangunan gedung TK dan wisuda TK Yegeka ini merupakan bagian dari program Paniai Pintar yang telah dicanangkan Bupati Paniai Hengky Kayame dan Wakil Bupati Yohanes You, sehingga kami dari dinas terkait melaksanakan ini (pembangunan dan wisuda TK), maka kami merasa bangga TK Yegeka ini berjalan dengan baik,” kata Joko Suprayitno kepada tabloidjubi.com.

Pengembangan SD Yegeka

Sejak Juli tahun ajaran 2017/2018, pengurus TK/PAUD Yegeka bersama YAPKEMA memutuskan untuk mulai membuka pendaftaran Sekolah Dasar bagi para lulusan TK/PAUD dan anak-anak sekitar Ugibutu.

Semua bermula dari tekad dan uji coba, dengan tenaga guru yang tersedia sebanyak empat orang, pengurus dan YAPKEMA akhirnya membuka pendaftaran Sekolah Dasar. Keputusan itu disambut baik oleh keluarga para lulusan TK/PAUD serta warga setempat.

Wisuda angkatan kedua murid TK_PAUD YEGEKA-yapkema.dok

Penyelenggaraan SD di lokasi TK/PAUD Yegeka memang sejak awal adalah keinginan warga dan wali murid. Mengingat tidak ada SD yang beroperasi di sekitar wilayah mereka. Disamping alasan-alasan lainnya seperti kepercayaan keluarga yang sudah terbangun terhadap Yegeka melihat anak-anak didik yang TK/PAUD yang membuat orang tua bangga.

Kendala

Kendala utama adalah dukungan dan semangat orang tua. Masih ada orang tua yang tidak terlalu semangat untuk mendukung pendidikan anaknya. Itu juga sebabnya kami membuat program baca tulis untuk orang tua, karena anak-anak sebagian besar waktunya ada bersama orang tua ketimbang bersama kami.

Pemerintah kampung dan daerah melalui Dinas P dan P pendidikan non formal juga belum terlalu mendukung.

Selain itu kawasan Ugibutu ini juga sering digenangi air kalau Danau Paniai meluap. Belum ada penanganan khusus juga dari pemerintah.

Namun demikian, diluar dari semua kendala ini kami berbangga bisa ikut ambil bagian dalam membangun bangsa melalui pembangunan TK/PAUD Yegeka ini.

Saat ini TK/PAUD dan SD YEGEKA telah terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Dasar dan Menengah Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

TK/PAUD Anugerah di Moanemani, Dogiyai

Sejak dimulai awal tahun 2017, TK/PAUD Anugerah dengan cepat kini telah berubah wajah. Saat pertama kali dioperasikan, Anugerah masih menggunakan kantor Balai Kampung untuk tempat belajar mengajarnya.

Sejak Juni 2017 TK PAUD Anugerah Moanemani memiliki gedung baru-yapkema.dok.jpg

Enam bulan setelah berjalan, Anugerah mendapat dukungan hingga bisa memiliki tempat sendiri yang jauh lebih layak, yang juga digunakan bersama dengan aktivitas para Ibu PKK. Tempat baru tersebut mulai digunakan awal tahun 2018.

Anugerah berhasil mewisudakan 25 anak (12 laki-laki dan 13 perempuan) pada bulan Juni 2017. Acara wisuda berlangsung cukup haru lengkap dengan toga layaknya wisudawan dan wisudawati. Para orang tua serta keluarga yang mewakili merasa bangga saat diminta berfoto bersama anak-anak mereka yang memakai pakaian wisuda.

Walaupun baru memiliki satu orang guru, tapi TK/PAUD ini terbilang cukup berhasil memicu semangat orang tua untuk menyekolahkan anak-anaknya sejak dini. Para orang tua, dibantu pendekatan yang cukup efektif dilakukan oleh guru ke rumah-rumah tiap keluarga, merasakan langsung perubahan-perubahan karakter dan perilaku anak-anak mereka setelah aktif di TK/PAUD Anugerah.

“Anak-anak jadi pandai menyanyi dan rajin berdoa,” kata seorang Ibu wali murid Anugerah kepada Pak guru setempat.

Saat ini TK/PAUD Anugerah telah terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Dasar dan Menengah Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Untuk itu YAPKEMA sedang mengusahakan penambahan guru mengingat bertambahnya jumlah murid dan perhatian murid terhadap sekolah.

Kendala yang paling terasa adalah kurangnya tenaga pengajar. Beberapa tenaga yang melamar dan diterima, belum bisa bertahan dan konsisten untuk mengajar dan mendampingi anak-anak.

Pembukaan TK/PAUD di Mogeya, Paniai Barat dan Wagete, Deiyai

Saat ini YAPKEMA telah berhasil memulai pembangunan TK/PAUD di Wagete, Kabupaten Deiyai dan di Kampung Mogey, Distrik Paniai Barat, Kabupat Paniai. 

Di Wagete masih pada tahap pembangunan infrastruktur, namun perekrutan guru sudah dimulai sejak dari sekarang.

Di Kampung Mogeya tenaga pengajar dari pengurus gereja telah disiapkan, termasuk infrastruktur fisik TK/PAUD yang diberi nama IYAPU.

Share

No Comment

Comments are closed.