Program Utama

Pendidikan Warga

Hingga saat ini banyak orang Papua, khususnya yang berada di daerah pedalaman Papua, kurang mendapat perhatian dan kurang beruntung untuk mengembangkan taraf hidup ke arah yang lebih baik. Pendidikan, pelatihan, dan pendampingan yang tepat sasaran dan sesuai dengan realitas kehidupan masyarakat, belum banyak dikembangkan.

Upaya-upaya peningkatakan kualitas hidup masyarakat terus harus dilakukan dengan kegiatan pendidikan, pelatihan, pendampingan serta berbagai kegiatan lainnya oleh berbagai pihak (pemerintah maupun lembanga non pemerintah).

Selengkapnya

Kesehatan Masyarakat Terpadu

Masyarakat Pegunungan Tengah Papua wilayah adat Meepago dahulunya hidup dalam keterisolasian. Mereka hidup mengandalkan alam sebagai sumber kelangsungan hidup mereka. Penyakit dan sakit yang diderita gampang disembuhkan dengan memanfaatkan tumbuh-tumbuhan yang ada disekitar mereka.

Segala makanan yang mereka konsumsi sangat higienis karena organik. Mereka tidak mudah diserang penyakit. Penyakit musiman dan menular juga tidak ada karena pergaulan mereka terbatas di komunitas saja.

Namun seiring mobilitas masyarakat bertambah tinggi, sekarang penyakit-penyakit baru sudah masuk ke tengah masyarakat, bahkan ke kampung-kampung yang sangat terisolir. Berbagai sarana infrastruktur yang sudah dibangun oleh pemerintah, seiring dengan perkembangan, belum mampu membendung lajunya penularan penyakit.

Bahkan penyakit tertentu telah dikonfirmasi menembus jadi ancaman serius bagi orang Papua. Misalnya, penularan HIV/AIDS, banyaknya pasien keluarga muda dengan Infeksi Menular Seksual (IMS).

Selengkapnya

Penguatan ekonomi

Kemiskinan atau ketidakberdayaan mengakibatkan berbagai masalah yang dialami oleh masyarakat yang hidup di bawah garis kemiskinan. Kemiskinan bersumber dari ketidakberdayaan dan ketidakmampuan dalam memenuhi hak-hak dasar.

Kerentanan masyarakat menghadapi persaingan usaha, konflik dan tindak kekerasan, lemahnya penanganan masalah kependudukan, ketidaksetaraan dan ketidakadilan akses pada modal serta lemahnya pembangunan sistem yang memberi ruang keberpihakan kepada masyarakat untuk berkembang membuat banyaknya masyarakat asli Papua yang belum keluar dari garis kemiskinan.

Selengkapnya
Program Responsif

Respon Isu-isu sosial

Ketiga program di atas hanya bisa ditangani jika YAPKEMA tidak abai dan tidak menutup mata atas persoalan sosial dan hak azasi manusia sehari-hari yang dialami masyarakat di Papua.

Itulah sebabnya kami memandang perlu melakukan respon-respon khusus terkait masalah-masalah sosial yang mengemuka sekalipun tidak langsung berada dalam jangkauan program utama kami. Isu-isu yang direspon berhubungan erat dengan Prinsip dan Nilai YAPKEMA sebagai lembaga, serta kebutuhan mendesak masyarakat.

Isu-isu seperti penegakan HAM dan hak-hak dasar masyarakat, penanganan tindak kekerasan, tanggap darurat bencana, pemerintahan bersih dan transparan, pengawasan pembangunan serta partisipasi masyarakat, menjadi perhatian utama kami dalam merespon isu-isu yang berkembang.