Rapat pembentukan komite sekolah TK/PAUD Yegeka 11 Mei 2017/Yapkema.org

Enarotali, Yapkema (11/5) – Rapat pembentukan komite sekolah diselenggarakan sesuai rencana oleh TK/PAUD Yegeka di Enarotali, Kamis 11 Mei 2017. Rapat terebut dihadiri oleh orang tua/wali murid dan guru, termasuk wakil dari Yayasan Pembangunan Kesejahteraan Masyarakat (YAPKEMA).

Deki Takimai terpilih menjadi ketua Komite PAUD, dari empat calon yang diajukan oleh orang tua murid. Empat calon tersebut adalah Naor Boma, Deki Takimai, Inaa Kayame dan Amon Keiya. Pemilihan yang dilakukan oleh 35 orang berdasarkan suara terbanyak. Calon yang mendapat suara terbanyak adalah Deky Takimai, urutan kedua Naor Boma, diikuti oleh Ina Kayame.

Beberapa Ibu mewakili orang tua murid TK/PAUD Yegeka/yapkema.org

Selama lebih kurang tiga tahun TK/PAUD YEGEKA berjalan tanpa ada komite sekolah. Walaupun sekolah sudah berjalan sesuai perkembangannya, namun saat ini dipandang menjadi waktu yang tepat untuk sekolah memiliki komite sekolah.

Diharapkan kedepan komite sekolah akan menjalankan perannya untuk membantu perkembangn sekolah ini.

Komite Sekolah berfungsi dalam peningkatan mutu pelayanan pendidikan di sekolah. Dalam usaha meningkatkan mutu pendidikan itu, Komite Sekolah bisa melakukan penggalangan dana melalui upaya kreatif dan inovatif.

Namun, tugas Komite Sekolah bukan hanya menggalang dana. Setidaknya ada empat tugas Komite Sekolah berdasarkan Permendikbud Nomor 75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah.

Dalam Permendikbud Nomor 75 Tahun 2016 pasal 3 ayat (1) disebutkan bahwa Komite Sekolah bertugas mengawasi pelayanan pendidikan di sekolah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Komite Sekolah juga bertugas memberikan pertimbangan dalam penentuan dan pelaksanaan kebijakan pendidikan terkait: kebijakan dan program Sekolah; Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah/Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah (RAPBS/RKAS); kriteria kinerja Sekolah; kriteria fasilitas pendidikan di Sekolah; dan kriteria kerja sama Sekolah dengan pihak lain.

Komite Sekolah juga tidak boleh terdiri dari unsur pendidik dan tenaga kependidikan dari sekolah yang bersangkutan.

 

 

 

Share

No Comment

Comments are closed.