Sosialisasi Bahaya Malaria dan HIV/Aids di Puskesmas Epouto (Foto Mateus A. Tekege/MK)

Paniai, (MK) – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Distrik  Epouto mengandengan Yayasan Pembangunan Kesejahteraan Masyarakat (YAPKEMA) Kabupaten  Paniai  guna  melakukan penyuluhan dampak malaria terutama pengunaan kelambu anti malaria, dan sosialisasikan tentang pentingnya pencegahan bahaya pengebaran HIV/AIDS dipusatkan di gereja Katolik Dimia, Minggu  (01/5) kemarin.

Penyuluhan, pengobatan sekaligus sosialisasikan pentingnya pencegahan pengebaran HIV/AIDS dihadiri ratusan masyarakat setempat.  

 Kepala Puskesmas  Epouto Dolince Kayame dalam sambutannya, mengajak agar warga setempat berupaya memberantaskan penyakit maria serta penyakit lain yang menimbulkan penderitaan yang berimbas pada kematian manusia.

“Untuk memberantas semua penyakit dibutuhkan peran serta semua pihak,” tegas Dolince

Ilustrasi sosialisasi bahaya malaria dan HIV Aids di Puskesmas Epouto – Mateus Tekege/KM

Warga kini, lanjut Dolince, tengah dihadang dengan berbagai penyakit yang berimbas pada hilangnya nyawa manusia. Untuk menghindari berbagai penyakit membutuhkan kesadaran dari masyarakat guna menjaga kesehatan.

“Yah, kalau semua warga sadar akan hidup bersih maka  akan terhindar dari rantai kematian. Kami dari pihak kesehatan minta semua masyarakat agar menyadari pentingnya menjaga kesehatan,” ungkapnya

Sementara itu, Ketua Yapkema Hanok Herison Pigai,SE,  menyambut baik atas kegiatan tersebut. dirinya menyampaikan terimakasih kepada pihak Puskemas Epouto yang mengandeng lembaga yang dipimpinnya untuk menjadi penyuluh atas kegiatan dimaksud.

Pigay menjelaskan pihak Yapema telah mengetahui berbagai penyakit yang menerpa masyarakat. Oleh karean itu dirinya bersama pengurus yang lain memiliki tugas guna sosialisasikan tentang bahaya berbagai penyakit.

“Kami mengetahui terlebih dahulu kapan dan dimana terjangkitnya penyakit dan keluhan-keluhannya,” jelas Pigai dalam arahannya.

Kepala Kampung Dimia Albertus Kayame, menyambut baik atas kegiatan tersebut. Sebab melalui kegiatan tersebut memberikan penyadaran akan pentingnya kesehatan  agar terhindar dari berbagai penyakit menular.

Sosialisasi Bahaya Malaria dan HIV/Aids di Puskesmas Epouto (Foto Mateus A. Tekege/MK)

“Saya mengapresiasinya disampaikan kepada para petugas medis dari puskesmas dan Yapkema ini. Kami sangat berterima kasih atas pelayanannya,” tuturnya.

Sementara itu, pantauan kabarmapegga.com usai acara penyuluhan dilanjutkan dengan pengobatan masal yang di layani oleh 2 (dua) orang petugas medis kepada  72 (tuju pulu dua) pasien.

Pelayanan medis ini merupakan sentuhan langsung kepada masyarakat adalah tugas dan  kerja konkrit bagi petugas medis.

“Apapun bersoalan adalah tugas pokok para petugas guna menjaga kesehatan masyarakat  dan melayani mereka merupakan tugas pokok.bagaimanapun kami tetap jalankan,” tutur Selviana Bobii, Amd.Keb  juga adalah koordinator Puskesmas Epouto, distrik Yatamo, Paniai Barat.
 
Mateus A. Tekege

Sumber: moyaikedee123.blogspot.co.id

Share

No Comment

Comments are closed.