Direktur Yapkema meninjau pembibitan kopi di Deiyai – Yapkema

DEIYAI – Yayasan YAPKEMA yang bergerak di bidang pertanian telah melakukan Kerjasama dengan pemerintah Kabupaten Deiyai, dalam hal penyediaan pembibitan pertanian, salah satunya bibit Kopi Arabika untuk dibagikan kepada warga Kabupaten Deiyai yang memiliki lahan strategis  guna pengembangkan tanaman kopi di wilayah ini.
Pemerintah Kabupaten Deiyai melakukan kerjasama dengan YAPKEMA tersebut, dengan tujuan dapat mengembangkan potensi kopi di Kabupaten Deiyai, sehingga nantinya Deiyai juga bisa menjadi daerah penghasil kopi terbesar di Papua.

Pengembangan tanaman Kopi Arabika di wilayah Deiyai ini dilakukan melalui Program Gembira yang dicanangkan Bupati Deiyai Dance Takimai, belum lama ini, bertempat di Halaman Kantor Bupati Deiyai, Tigido, Waghete.

Ketika mempromosikan hasil yang dilakukan Yayasan YAPKEMA di Deiyai, Direktur Yayasan YAPKEMA, Hanok Pigai mengatakan, YAPKEMA telah melakukan banyak kegiatan dalam mengembangkan potensi pertanian, terutama dalam penyediaan berbagai bibit pertanian diantaranya, bibit  sayur, bibit buah, bibit kopi, bibit  jagung manis dan lainnya.  Namun bibit Kopi , sudah banyak diserap masyarakat tani di wilayah Meepago.

 “Kami sudah kerja sama dengan pemerintah daerah, sehingga banyak bibit yang kami sudah berikan kepada masyarakat tani yang ada di beberapa kabupaten, diantaranya Kabupaten Paniai dan beberapa kabupaten tetangga lainnya yang ada. Sehingga sekarang ini, kami sudah kerja sama dengan pemerintah Kabupaten Deiyai, dalam hal penyediaan Bibit Kopi Arabika yang akan diberikan kepada warga tani yang ada.Dan dalam penyediaan bibit kopi ini, bukan sekarang tetapi kami sudah lakukan lama di kabupaten lain juga. Maka dalam hal penyediaan bibit ini, kami siap untuk menyediakan bibit kopi,” kata Hanok.

Sementara itu Bupati Deiyai, Dance Takimai menyampaikan, terima kasih kepada Yayasan YAPKEMA atas kerjasama yang dilakukan dengan pemerintah Kabupaten Deiyai. Karena  melalui kerja sama tersebut, akan mendukung kebijakan pemerintah Deiyai, terutama  dalam hal penyediaan bibit Kopi Arabika dalam jumlah yang besar,  yang nantinya dapat dikembangkan di wilayah Deiyai.    

“Bibit kopi tersebut ini kami akan berikan kepada warga tani, yang punya lahan yang strategis untuk bisa dikembangkan tanaman kopi.  Dan satu KK akan mendapat 200 bibit kopi. Pemberian bibit Kopi ini, kedepannya akan membawa suatu perubahan dalam taraf hidup ekonomi keluarga yang  lebih baik,” katanya.

Oleh sebab itu, Bupati Dance berharap, agar warga dapat mendukung dan ikut berperan aktif  dalam mambangun Deiyai yang lebih maju melalui program pengembangan kopi di wilayah Deiyai. (henbob)

Sumber: Papua Pos Nabire

Share

No Comment

Comments are closed.